Minggu, 04 Oktober 2015

Kasus Penipuan Lewat SMS



Kasus Penipuan Di Sms

Untuk memenuhi tugas Psikologi teknologi atau softskill kali ini saya akan bercerita tentang penipuan yang marak terjadi dan paling sering kita jumpai disekitar kita. Zaman sekarang siapa si yang tidak mengenal handfone atau telepon genggam tentu saja semua kalangan sudah mengetahuinya baik anak-anak sampai orang tua sekalipun. Kali ini saya akan bercerita tentang salah satu dari sekian banyak kasus penipuan yang terjadi di sms. Tentu kita sering mendapatkan sms yang mengatas namakan kartu prabayar yang kita gunakan di handfone, entah itu mendapatkan hadiah atau semacamnya, dibawah ini adalah salah satu contoh gambar penipuan via sms.










Jika anda mendapatkan pesan seperti ini jangan pernah anda terkecoh, biasanya anak-anak yang yang masih remaja akan sangat mudah sekali tergiur oleh pesan seperti ini kemudian mereka akan membuka link yang tertera di pesan kemudian di blog penipu tersebuat akan ada foto dan tulisan-tulisan untuk menyakinkan orang yg membuka link tersebut kemudian di link tersebut terdapat nomer yang harus anda hubungi. Setelah anda hubungi anda akan di minta untuk mentransfer sejumlah uang untuk biaya pajak dll.

Setelah saya analisa perbuatan seperti ini adalah perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan kemajuan teknologi demi meraih keuntungan untuk diri sendiri tidak perduli perbuatan tersebuat benar atau salah, tidak perduli uang tersebuat halah atau haram, tidak perduli dengan hukum yang berlaku. Jika kita menebak-nebak apa maksud dari orang yang mengirim pesan tidak berguna seperti ini kita tidak akan pernah tau karena banyak hal yang mungkin terjadi da nada 1001 alasan yang bias mereka gunakan dan pada intinya mereka memang berniat untuk menipu. Mereka membuat blog, mempunyai nomer lebih dari satu, menghubungin korbanya dengan acak dan ngasal itu adalah bukti keseriusan mereka ingin menipu seseorang.

Etika yang harus dilakukan untuk menghindari hal tersebut adalah pertama anda jangan langsung mempercayai pesan tersebut, berfikirlah secara panjang dan matang terutama untuk anak-anak remaja karena jika benar anda mendapatkan hadiah yang akan menghubungi anda adalah customer service dari operator anda bukan nomer biasa seperti yang tertera pada gambar di atas. Kedua anda baca lagi dengan seksama pesan pada gambar di atas jika benar anda mendapatkan hadiah tentunya website operator lah yang akan menghubungi anda langsung dan link website operator itu bukan blogspot.com, blogspot.com adalah website gratis yang bisa di buat oleh siapa saja dan dari kalangan apa saja. Tentu saja website resmi tidak akan menggunakan blogspot.com. ketiga jika anda benar mendapatkan hadiah operatorlah yang akan menghubungi anda langsung entah itu lewat telepon atau surat yang di kirim lewat pos atau terpampang di website resmi operator tersebut yang pasti customer service tidak akan menggunakan nomer biasa, contoh customer service 3 itu denagn nomer 123, nomor tersebutlah yang akan menghubungi anda bukan nomer biasa seperti nomer 3 yang ada pada gambar di atas.

  Saya rasa cukup postingan saya untuk penipuan lewat sms saya harap postingan saya ini bermanfaat bagi semua pembaca dan dengan adanya postingan saya ini bisa membuat anda lebih berhati-hati jika mendapatkan pesan sepeti gambar di atas, sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.