Kasus
Penipuan Di Sms
Jika anda mendapatkan pesan seperti ini jangan
pernah anda terkecoh, biasanya anak-anak yang yang masih remaja akan sangat
mudah sekali tergiur oleh pesan seperti ini kemudian mereka akan membuka link
yang tertera di pesan kemudian di blog penipu tersebuat akan ada foto dan
tulisan-tulisan untuk menyakinkan orang yg membuka link tersebut kemudian di link
tersebut terdapat nomer yang harus anda hubungi. Setelah anda hubungi anda akan
di minta untuk mentransfer sejumlah uang untuk biaya pajak dll.
Setelah saya analisa perbuatan seperti ini adalah
perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan kemajuan
teknologi demi meraih keuntungan untuk diri sendiri tidak perduli perbuatan
tersebuat benar atau salah, tidak perduli uang tersebuat halah atau haram,
tidak perduli dengan hukum yang berlaku. Jika kita menebak-nebak apa maksud
dari orang yang mengirim pesan tidak berguna seperti ini kita tidak akan pernah
tau karena banyak hal yang mungkin terjadi da nada 1001 alasan yang bias mereka
gunakan dan pada intinya mereka memang berniat untuk menipu. Mereka membuat
blog, mempunyai nomer lebih dari satu, menghubungin korbanya dengan acak dan
ngasal itu adalah bukti keseriusan mereka ingin menipu seseorang.
Etika yang harus dilakukan untuk menghindari hal
tersebut adalah pertama anda jangan langsung mempercayai pesan tersebut,
berfikirlah secara panjang dan matang terutama untuk anak-anak remaja karena
jika benar anda mendapatkan hadiah yang akan menghubungi anda adalah customer
service dari operator anda bukan nomer biasa seperti yang tertera pada gambar
di atas. Kedua anda baca lagi dengan seksama pesan pada gambar di atas jika
benar anda mendapatkan hadiah tentunya website operator lah yang akan
menghubungi anda langsung dan link website operator itu bukan blogspot.com, blogspot.com
adalah website gratis yang bisa di buat oleh siapa saja dan dari kalangan apa
saja. Tentu saja website resmi tidak akan menggunakan blogspot.com. ketiga jika
anda benar mendapatkan hadiah operatorlah yang akan menghubungi anda langsung
entah itu lewat telepon atau surat yang di kirim lewat pos atau terpampang di
website resmi operator tersebut yang pasti customer service tidak akan
menggunakan nomer biasa, contoh customer service 3 itu denagn nomer 123, nomor
tersebutlah yang akan menghubungi anda bukan nomer biasa seperti nomer 3 yang
ada pada gambar di atas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar