Rabu, 12 Oktober 2016

Tugas Softskill 2 Psikologi Management



Nama Dosen: Vonny Wijaya

Nama Kelompok: Agung Putra        (10514483)
                               Audi Maulana      (11514797)
                               Gita Regina          (14514588)
                               Intan Nanda J      (15514354)
                               Kamal                  
                               Kristina Indrayu (15514925)
                               Robbi Marulloh   (19514750)

Kelas: 3PA15
 

Fungsi Perencanaan
1.     Kegiatan dalam fungsi perencanaan
-       Kami mendirikan perusahaan ini bertujuan untuk memberikan tempat dan sarana untuk para pecinta kopi untuk menikmati cita rasa kopi Indonesia yang khas. Target bisnis perusahaan kami adalah semua kalangan dan para pecinta kopi.
-       Strategi dan tujuan untuk mencapai target bisnis kami adalah dengan memberikan promosi, pelayanan kafe yang baik dan menyenangkan, tempat yang nyaman dan aman bagi semua kalangan, free wifi di café, music di café.
-       Sumber daya yang diperlukan adalah karyawan seperti manager, sales, penjaga kasir, pramusaji, dan barista dengan pendidikan minimal lulusan SMA dengan kepribadian yang baik, ramah, sopan santun, bertanggung jawab, cekatan. Menentukan lokasi kafe yang strategis, dan membuat kafe beserta isinya sesuai standar yang baik dan menarik.
-       Standar tujuan dan keberhasilan target bisnis perusahaan kami adalah mampu menjual lebih dari 500 cup kopi dengan lebih dari 500 pendatang kafe setiap bulan.

2.     Fungsi pengorganisasian kegiatan
-       Menentukan lokasi kafe yang strategis, dan membuat kafe beserta isinya sesuai standar yang baik dan menarik, dan memerlukan karyawan dengan kriteria seperti berikut:
1. Seorang kasir dengan pendidikan minimal lulusan SMA mempunyai kemampuan accounting dengan kepribadian yang jujur, ramah, baik, menyenangkan, sopan santun, bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi, bersedia ditempatkan dicabang kafe manapun dengan gaji minimal 2 juta dan maximal 3,5 juta tergantung kondisi cafe.
2. Dua orang pramusaji dengan pendidikan minimal lulusan SMA dengan kepribadian yang jujur, ramah, baik, menyenangkan, sopan santun, bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi, bersedia ditempatkan dicabang kafe manapun dengan gaji minimal 2 juta dan maximal 3,5 juta tergantung kondisi cafe.
3. Dua orang barista dengan kemampuan bisa menciptakan kopi varian rasa terbaru dan membuat racikan kopi dengan cita rasa tinggi dengan kepribadian yang jujur, ramah, baik, menyenangkan, sopan santun, bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi, bersedia ditempatkan dicabang kafe manapun dengan gaji minimal 3 juta dan maximal 6 juta tergantung kondisi cafe.
4. Dua orang sales dengan pendidikan minimal lulusan SMA dengan kepribadian yang jujur, pantang menyerah, berjiwa besar, ramah, baik, menyenangkan, sopan santun, bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi, bersedia ditempatkan dicabang kafe manapun dengan gaji minimal 3 juta dan maximal 4 juta tergantung kondisi cafe.
5. Seorang manager dengan pendidikan minimal lulusan S1 dengan kepribadian yang jujur, ramah, baik, sopan santun, bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi, bersedia ditempatkan dicabang kafe manapun dengan gaji minimal 6 juta dan maximal 8 juta tergantung kondisi cafe.
-       Struktur organisasi:
1. CEO atau owner pemilik semua cabang cafe.
2. Manager yang bertugas memimpin salah satu cabang cafe dan melaporkan hasil penjualan.
3. Kasir dengan tugasnya.
4. Pramusaji dengan tugasnya.
5. Sales dengan tugasnya.
6. Barista dengan tugasnya.
-       Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusi dilakukan secara professional oleh manager yang merangkap sebagai hdr di lokasi cabang sesuia dengan panggilan kerja yang tertera disms atau email.
-       Kegiatan penempatan posisi sumber daya manusia dilakukan dan ditempatkan sesuia dengan kemampuan dan hasil tes dan wawancara.

3.     Fungsi pengarahan dan implementasi kegiatan
-       Perusahaan ini selalu mengadakan pelatihan dan pengembangan bagi karyawan baru yang berhasil lulus tes seleksi dan wawancara, seminar setiap 6 bulan sekali untuk karyawan, pemberian bonus dan reward setiap tahun pada karyawan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
-       Perusahan ini selalu melakukan apel dan persiapan setiap pagi untuk menjelaskan apa yg harus dilakukan karyawan dan tugas tertentu pada setiap karyawan dan semua itu dilakukan di semua cabang.
-       Kebijakan-kebijakan perusahaan dijelaskan melaluin kontrak yang disetujui oleh para karyawan pada saat proses penerimaan karyawan baru.

4.     Fungsi pengawasan dan pengendalian kegiatan
-       Perusahaan ini selalu mengevaluasi hasil kerja pada semua cabang setiap bulan dan melihat apakah omset perusahaan naik atau turun dengan mengadakan rapat semua manager dengan ceo.
-       Perusahaan ini mempunyai 4 macam teguran:
1. Saat melakukan kesalahan pertama mendapat teguran dan karyawan mengklarifikasi kesalahan juga solusi bersama dengan manager.
2. Teguran kedua berbentuk sp 1 dan karyawan mengklarifikasi kesalahan juga solusi bersama dengan manager.
3. Teguran ketiga berbentuk sp 2 dan karyawan mengklarifikasi kesalahan juga solusi bersama dengan manager jika mungkin.
4. Teguran ketiga berbentuk sp 3 dan pemecatan.
-       Jika perusahaan mengalami kegoyahan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis kami akan melakukan berbagai tindakan alternative seperti promosi, pembuatan resep kopi baru dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.