Rabu, 18 Oktober 2017

Tugas Softskill 1 Sistem informasi Psikologi


Dosen: Ira puspitawati

Disusun Oleh: 4PA15

1.   Arum Fajar Ing Tyas                          (11514692) 
2.   Maytri Nuradha                                  (1D514163) 
3.   Nurma Khairunnisa                            (18514230) 
4.   Robby Marulloh                                 (19514750)



Di era globalisasi seperti sekarang ini kita tidak bisa terlepas dengan yang namanya teknologi. Hampir seluruh kehidupan kita bergantung dengan teknologi. Perkembangan teknologi juga memberi pengaruh bagi berkembangnya sistem informasi. Akan tetapi kalian tau ga si apa itu sistem informasi ?

1.     Definisi Sistem
Menurut Gaol (2008) sistem adalah hubungan satu unit dengan unit lainnya yang saling berhubungan satu sama lainnya dan yang tidak dapat dipisahkan serta menuju satu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut Jogianto (2005) mengemukakan bahwa sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata adalah suatu objek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.
Menurut Poerwadarminta (2003) sistem adalah sekelompok bagian-bagian yang berupa alat dan lain sebagainya, yang bekerja sama untuk melaksanakan tujuan tertentu.
Berdasarkan pendapat dari ketiga tokoh di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sistem adalah hubungan satu unit dengan unit lainnya yang saling berhubungan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan serta menuju satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang bekerja sama untuk melaksanakan tujuan tertentu.

2.     Definisi Informasi
Menurut Alamsyah (2005) informasi adalah data yang telah diolah dengan cara tertentu sesuai dengan bentuk yang diperlukan.
Menurut Bodnar & Hopwood (2000) informasi merupakan data yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan dasar dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat dan benar.
Menurut Sutabri (2012) informasi adalah data yang diolah dan diinterpretasikan untuk mengambil sebuah keputusan.
Berdasarkan pendapat dari ketiga tokoh di atas, maka dapat disimpulkan bahwa informasi adalah data yang telah diolah dan diinterpretasikan untuk mengambil sebuah keputusan dengan cara tertentu sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan dasar dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat dan benar.

3.     Sistem Informasi
Berdasarkan beberapa definisi dari sistem dan informasi diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah suatu perangkat teknologi yang sangat berkaitan erat dengan kehidupan umat manusia yang berfungsi sebagai alat bantu manusia untuk mengolah sebuah data baik dalam hal input ataupun outpun. Sistem ini juga dapat membantu kita menyediakan informasi yang kita butuhkan dengan tujuan untuk mengambil sebuah keputusan dengan cara tertentu sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan dasar dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat dan benar. Sistem ini juga berfungsi sebagai penghubung dari satu unti ke unit lainya sehingga informasi yang kita butuhkan dapat sampai kepada kita dan tujuan kita dapat bisa dengan mudah tercapai.



DAFTAR PUSTAKA

Alamsyah, Z. (2005). Manajemen sistem informasi. Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama.

Bodnar, G. H., & Hopwood, W. S. (2000). Sistem informasi akutansi, terjemahan
Amir A.j, Rudi M. T. Jakarta: Salemba Empat.

Gaol, J.L. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta: PT Gramedia.

Jogianto, H.M. (2005). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Poerwadarminta, W.J.S. (2003). Kamus umum bahasa indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.

Sutabri, T. (2012). Analisis sistem informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.